Badan Wakaf Indonesia - Wakaf Klinik Ibu dan Anak

Klinik Wakaf Ibu dan Anak Rumah Bersalin Cuma-cuma

Wakaf Klinik Ibu dan Anak

Lokasi Donasi Seluruh Indonesia

Sampai dengan Tanpa Batas Waktu



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Klinik Wakaf Ibu dan Anak Rumah Bersalin Cuma-cuma

Deskripsi Program

Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) terus berdedikasi di ranah kesehatan ibu dan anak kalangan lemah (dhuafa). Sebab membutuhkan dana yang besar, gagasan untuk membuat satu sumber pendanaan ‘abadi’, yang kelak menjadi penopang keberlangsungan pelayanan RBC bagi kaum pinggiran, tentu saja sebuah keharusan, dan memang telah mengemuka sejak lama. Salah satunya wacana pendirian Klinik Wakaf Ibu dan Anak (KWIA) berbasis Wakaf Produktif. Sebuah KWIA yang dikelola secara profesional dan bersifat ‘komersil’, yang membidik masyarakat menengah atas.

 

Kelak, keuntungan atas pengelolaan RSIA tersebut, didedikasikan sebesar-besarnya untuk program-program SF di ranah kesehatan, salah satunya tentu RBC itu sendiri. Klinik Wakaf Ibu dan Anak pun disepakati menjadi Pilot Project sumber dana abadi. Direncanakan Klinik tersebut akan berdiri di atas tanah seluas 2.500 M2, dengan luas bangunan 2000 M2. Di atas kertas, setidaknya diperlukan dana mencapai Rp 40 Milyar. Jumlah tersebut mencakup pembebasan lahan, pematangan, pendirian bangunan, pengadaan alat kesehatan, hingga operasional, yang ditargetkan rampung pada tahun 2021 mendatang.

 

Bagi keluarga dhuafa, kesehatan seakan masih menjadi barang mahal. Termasuk, dalam biaya persalinan ibu. Dengan pendapatan minim, mereka diharuskan mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk melahirkan. Biaya ini belum termasuk ongkos perjalanan menuju akses kesehatan yang jauh dan segala bentuk obat-obatan.

 

Kendala ini menyebabkan pilihan pada dukun beranak atau tenaga kesehatan tradisional ‘dirasa’ cukup bagi perempuan desa. Padahal, dengan mitos-mitos kehamilan yang menyertai, dukun-dukun tersebut tidak memiliki pengetahuan memadai. Tak ayal, kematian ibu dan anak masih kita temui.

 

Sahabat, bersama-sama kita dapat meretas masalah ini. Ini dilakukan melalui inisiatif pembangunan Klinik Wakaf Ibu dan Anak (KWIA). Nantinya, RSWIA akan diperuntukkan secara gratis bagi masyarakat kurang mampu untuk keperluan bersalin dan perawatan anak.

 

Fasilitas ini insya Allah meliputi ANC, pemeriksaan kehamilan sejak awal kehamilan, senam hamil, ultrasonography (USG), resiko sectio caesarea (operasi caesar), KB (Keluarga Berencana), dan paket perawatan pasca persalinan.

 

Sinergi Foundation berkomitmen mengelola Klinik Wakaf Ibu dan Anak untuk mewujudkan alternatif solusi untuk persalinan ibu dhuafa. Amalan sedekah jariyah yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara nyata. Dan pahalanya terus mengalir hingga Hari Akhir.

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program